Perjalanan hidup

Apakah kita menikmati setiap detik hidup kita ini? Pasti jawabannya berbeda-beda.

Ketika ada yang menjawab, “saya menikmati” pasti itu hanya dikala mereka mendapatkan suatu kesenangan, tapi dikala mereka mendapat kesusahan, pasti mereka menjawab sebaliknya. Ketika ada yang menjawab, “saya tidak menikmati” malahan dia bilang “saya benci banget sama hidup ini”. Pasti mereka sedang mendapatkan suatu kesusahan, dan jika mereka mendapatkan suatu kesenangan, pasti juga akan menjawab yang sebaliknya.

Itu semua merupakan peristiwa yang selalu berputar di dalam kehidupan manusia. Tapi bisakah jawaban itu adalah “saya selalu menikmati hidup ini dikala senang atau pun susah”?

Pasti mereka bilang “mana mungkin susah di nikmati?”

Mari kita buka mata dan hati kita, ketika kita mengalami suatu kesenangan, nikmati lah. Tapi inget jangan berlebihan. Karena itu semua akan membuat madarat semua kesenangan kita.

Ketika kita mengalami suatu kesusahan, jangan lah kita tangisi dan selalu mengeluh. Karena akan membuat kesusahan kita lebih berat terasa. Cobalah kita tersenyum, cobalah kita pikirkan dengan tenang di suatu tempat yang sunyi senyap. Turunkan semua kesedihan kita yang memuncak, amarah kita yang meledak. Sampai hati kita dingin dan pikiran kita tenang.

Lalu kita pikirkan dengan ringan, tentang apa yang membuat kita mendapatkan kesulitan, janganlah menyalahkan dulu orang lain, tapi koreksi diri kita.

Ketika kita mendapatkan tentang peneyebab kesusahan kita. Kita tulis dan lihat.

Kemudian pikirkan apakah solusi terbaik yang akan membuat kesusahan ini hilang. Setelah kita dapatkan, gabungkan lah kesusahan dan solusi itu.

Pasti masalah kita akan berakhir.

Nah.. nikmatilah itu semua, karena itu merupakan perjalanan hidup yang harus kita lewati sebagai umat manusia.

Jangan pernah merasa takut dan bersedih dalam menghadapi kesusahan,

Tersenyumlah…

0 komentar:

Posting Komentar